Thursday, July 18, 2013

PENGALAMAN TES KERJA KRAKATAU POSCO



Assalamualaikum sahabat-sahabat ??
Pada tulisan ini saya ingin bercerita mengenai pengalaman saya mengikuti seleksi pegawai PT Krakatau Posco. Sebenarnya saya enggak terlalu suka menulis tapi dari mulai sekarang saya pengen belajar menulis walaupun tulisan sederhana gan so saya bikin blog ini buat bahan belajar saya.
Uwh ya saya jurusan D3 Metrologi dan Instrumentasi ITB, untuk lebih jelasnya bisa dilihat di link berikut ini mengenai jurusan tersebut Metrologi dan Instrumentasi.

Pada waktu itu sekitar tanggal 25 juni 2013 ada teman saya yang ngeposting di grup facebook jurusan mengenai info lowongan kerja di Krakatau Posco, kebetulan waktu itu saya baru aja beres sidang (tanggal 21 juni 2013) namun revisi draftnya belum beres, jadi masih agak stress dengan revisi ditambah dosen pembimbing yang   killer abiss makanya makin stress  aja saya waktu itu, tapi saya berpikir positive thingking aja bahwa dosen saya pasti menginginkan yang terbaik buat saya dan dapat banyak ilmu dari tugas akhir saya.
Iseng-iseng ketika berhenti sejenak dari memperbaiki revisi, saya coba browsing tuh mengenai info lowongan kerja tersebut dan mencari tau juga Krakatau posco itu perusahaan apa sih karena saya taunya pada waktu itu perusahaan-perusahaan oil and gas aja, oleh karena itu perusahaan selain oil and gas jarang sekali saya mengetahui mengenai perusahaan-perusahaan yang bisa dikatakan perusahaan besar.

Waktu buka websitenya saya gak nyadar kalau Krakatau posco sama krakatu steel itu berbeda karena saya gak baca-baca mengenai perusahaannya sih Cuma liat info mengenai careernya aja dan produk dari perusahaan tersebut. Setelah saya baca-baca mengenai persyaratan-persyaratannya kayaknya jurusan ane bisa juga ngelamar di perusahaan tersebut. Sebenarnya sih saya udah punya rencana kalau saya pengennya masuk Chveron aja atau pertamina, ya mudah-mudahan saya bisa ditempatin di Garut hehe biar deket sama orang tua, namun selama 6 bulan saya tunggu tuh lowongan buat fresh graduate chevron tapi gak muncul-muncul, kalau pertamina ada sih tapi saya gak bisa daftar karena pada waktu itu pertamina buka lowongannya ketika saya belum sidang. Oleh karena itu, yaudah deh dicoba aja daftar dulu di PT Krakatau posco ini itung-itung cari pengalaman dalam seleksi kerja.

Waktu itu setau saya hanya beberapa orang aja
dari teman sekelas saya yang mencoba daftar di perusahaan tersebut  kayaknya gak nyampe sepuluh orang karena teman saya kebanyakan pada pengen masuk PNS. Terakhir pendaftaran untuk lowongan ini kalau gak salah tanggal 28 juni 2013 dan info mengenai hasil seleksi administrasi tanggal 1 juli 2013 sori gan ane lupa2 ingat hehe. Sebenarnya saya sih gak terlalu berharap lulus seleksi administrasi karena waktu itu saya belum dapat Surat Keteranga Lulus (SKL) walaupun udah lulus sidang so nyante aja.

Tepat tanggal 1 juli sekitar jam setengah satu siang saya dapat dua sms yang pertama dari teman saya, isinya kira-kira begini “broo ente, ane (muhriji), yono, aji dan ridho lulus seleksi administrasi dan besok tes psikotes di Polban mau kesana gak, kalau mau kesana sekalian ridho ikut nebeng naik motor” lalu sms kedua dari no yang gak dikenal is isms nya” you are invited……. “ intinya sih diudang untuk mengikuti psikotes di Polban. Inilah psikotes yang pertama yang saya ikuti dalam seleksi kerja. Waktu tes saya enjoy sekali ngerjainnya walaupun soal-soalnya banyak yang susah dan baru pertama kali bertemu dengan soal-soal tersebut, intinya sih saya ngerjain soal tanpa berharap bakal lulus psikotes ya itung-itung buat cari pengelaman aja.

Namun takdir berkata beberapa hari kemudian ternyata ada undangan lagi untuk ikut seleksi yang kedua yaitu interview user, dari 5 orang teman saya yang ikut tes, 3 orang lulus tes psikotes dan 2 orang lagi gak lulus. Nah ketika mau interview user inilah saya merasa resah dan gelisah, kenapa?? Karena interviewnya pake bahasa inggris dan saya sendiri gak jago bahasa inggris ditambah interviewnya 1 hari setelah diumumin hasil tes psikotes so gak mungkin selama 1 malam saya persiapan bahasa inggris. Yasudahlah karena saya merasa gak bisa bahasa inggris, makanya saya hanya bisa berdoa aja sebanyak-banyaknya mudah-mudahan saya bisa ngejawab semua pertanyaan-pertanyaan ketika interview dan alhasil Alhamdulillah saya lulus interview user, lalu lulus interview HR dan terakhir interview director. Saya sendiri gak nyangka bisa lulus, ya mungkin karena udah rejekinya  ya so saya bisa lulus dengan keterbatasan saya.


Jadi jika agan-agan ada yang mau ikut seleksi kerja PT Krakatau Posco ada 6 tahap seleksi yaitu : 

1. Document screening
Tahap ini intinya melihat kelengkapan data dan dokumen yang diperlukan untuk mengkuti recruitmen. Pada tahap ini usahakan semua data dan dokumen yang diperlukan diisi selengkap mungkin.

2. Psikotest
Mungkin agan juga pada tahu tahap ini tes apa,, intinya sih kanyaknya sama aja sih dengan psikotes-psikotes di tempat kerja lainnya juga. Namun kalau waktu saya tes, diakhir tes ada tes soal-soal mengenai jurusan. Kalau ane kan termasuk intrumentasi ya soal-soalnya yang berhubungan dengan materi intrumentasi. Jangan lupa pada tes ini semuanya pake bahasa inggris.

3. Interview User
Jika adan lulus psikotes, maka agan semua akan dipanggil untuk interview User. Sistemnya sistem gugur so kalau agan gak lulus pada tahap ini maka agan gak bisa ikut interview selanjutnya atau gugur. Karena saya waktu itu belum wisuda namun udah lulus sidang, pertanyaan-pertanyaan nya mengenai Final projek, aktivitas di luar kuliah, IP juga ditanya, trus ditanya-tanya tentang PLC dan Modbus. Pada tahap ini Alhamdulillah saya bisa ngejawab semua pertanyaan-pertanyaannya  karena kebetulan aja yang ditanyain pernah saya pelajari di kuliahan so ngertilah dikit-dikit.

4. Interview HR
Interview HR ini dilakukan pada hari yang sama dengan interview user, jika agan lulus interview user maka pada saat itu juga akan dipanggil lagi untuk interview HR. Pada tahap ini kebanyak pertanyaan mengenai diri kita, kelebihan dan juga mengenai perusahaannya. Uwh ya jangan lupa baca-baca dulu mengenai perusahaannya karena saya banyak ditanya juga tentang perusahan tersebut. Pada tahap ini sih saya agak minder juga karena waktu itu ane kesulitan menjelaskan pake bahasa inggris si takutnya si pewawancaranya gak ngerti apa yang saya omongin hehe maklum inggris logat sunda.

5. Interview Directo
r
Nah kalau agan lulus di interview HR maka agan akan dipanggil interview Director sehari setelah interview HR. interview ini sistemnya kayak presentasi gitu, agan disuruh ngambil kertas yang isinya tentang topic yang akan agan presentasikan. Pada tahap ini 90 % lulus kalau pada waktu saya sih gak tahu kalau pada periode yang lainnya. Intinya sih asal ngomong aja yang penting pake bahasa inggris insyallah lulus soalnya saya juga saat presentasi bingung mau ngomong apa. Pada tahap ini teman saya yang tersisa Cuma 2 orang yaitu saya sama si muhriji. Teman saya yang satu lagi  ridho, dia gagal waktu interview HR. prediksi dia sih gara-gara dia belum ngumpulin Transkrip karena pada waktu interview ditanya tuh kenapa gak bawa transkrip dan ditanya juga kalau jurusannya gak cocok dengan lowonganya so kayaknya teman saya kebingungan jawabnya padahal kalau ada transkrip dia bisa menunjukan materi kuliah yang didapatkan selama kuliah so pertanyaan jurusannya gak cocok bakal terjawab dengan adanya transkrip.
      
6. Medical Chek up
Yang terakhir yaitu tes kesehatan. Rata-rata 100% tahap ini lulus kecuali kalau agan punya penyakit berat atau kondisi tubuh kurang ideal seperti terlalu kurus atau terlalu gemuk. Pada tahap ini agan tetap harus waspada karena tidak sedikit loh yang gagal pada tahap ini. So saran ane sih sebelum medical chek up usahakan datang dulu kedokter untuk memastikan bahwa kondisi tubuh agan sedang dalam keadaan fit dan normal.

Itulah gan 6 tahap pada seleksi kerja di PT Krakatau Posco, mudah-mudahan tulisan ane bermanfaat. Dan ane mohon maaf jika cerita ane ini ada yang berbeda dengan pengalaman yang lainnya karena cerita ini sesuai dengan pengalaman ane aja tanpa melihat pengalaman yang lainnya.

INI CERITAKU, APA CERITAMU???

53 comments:

ICs said...

Makasi kak crita pengalamannya sangat membantu,,BTW saat medical checkup yg dites apa aja ya oak???

Dicky said...

kamu keterima krakatau posco atau posco ict ?? itu beda loh
krakatau posco itu perusahaan owner nya sedangkan posco ict subkon

Unknown said...

Kalau tes psikotes ny di krakatau posco gimana ka buat yg smk

Dicky said...

agak beda dengan level d3 sama s1 yang saya ketahui.. tes psikotesnya seperti tes psikotes yang lainnya..secara umum

Unknown said...

pernah berangkat dari bandung ke cilegon naik umum? kalau pernah naek apa aja sama turunnya dimana, sama perkiraan waktunya
saya dapat undangan tes psikotes di cilegon, tp ga tau harus gimana transport kesanantya

Unknown said...

Hai ka Dicky,
1) kan tadi kk bilang "kurang jago bahasa inggris" terus akhirnya gmn ka pas interview tetep full english atau campur sari sm bhs indo?
2) Ketika presentasi kan dsrh ambil kertas untuk topik presentasi, nah itu kertas kosong kah? atau kita dksh wkt buat bikin bahan presentasi kah lalu dibacakan? atau kita presentasi secara spontan?

jawaban ka Dicky sgt membantu sekali, saya baru psikotes kemarin ka buat jaga2 aja biar saya bisa belajar bahasa inggris dulu hehe...

makasih ka, mohon dijawab ya :)

Dicky said...

Yuli,untuk pertanyaan pertama, benar bahwa saya kurang jago bahasa inggris dan pada waktu itu setelah tes psikotes besoknya langsung interview jadi cuma ada waktu sehari untuk persiapan. Karena waktu sehari itu waktu yang singkat, jadi saya putuskan untuk mencari tahu apa itu Krakatau posco dan mereview kembali isi CV saya. Sesudah itu saya banyak berdoa aja dengan tahajud dan sholat dhuha karena Doa adalah senjata paling ampuh sedunia hehe
coba lihat tulisan saya tentang ini http://dickyff.blogspot.com/2013/07/keutamaan-sholat-dhuha.html
Jadi pada waktu interview, tidak tahu kenapa semua pertanyaan yang diajukan bisa saya jawab full English loh ya hehe

Dicky said...

untuk pertanyaan kedua, pada waktu itu semua kandidat yang lolos dikumpulkan di suatu ruangan, lalu satu persatu dipanggil kedepan untuk mengambil kertas yang sudah ada tema untuk dipresentasikan. jadi kita presentasi secara spontan tanpa persiapan terlebih dahulu.
Untuk tahap ini jangan khawatir, peluang keterima besar sekali yang penting bisa presentasikan teman dari kertas yang diambil walau hanya 2 menit.
Mudah-mudahan bermanfaat

Dicky said...

Nana, klo dari bandung bisa naik bis merak cilegon di lw panjang ( sekitar 5-7) terus nanti minta diturunin dari damkar aja biar lebih dekat dengan kawasan industri krakatau, lalu dari damkar naik ojeg (mungkin sekitar 5-10 menit) sampai kantor Krakatau Posco.

Anonymous said...

apakah mendaftaran untuk seleksi adminstrasi melalui web nya?

Dicky said...

Yupp lewat webnya langsung

heriyanto said...

ka bagi soal soal tes masuk kerjanya dong apa aja hehehe

Dicky said...

saya tidak punya, tapi secara umum klo soal tes psikotes tidak berbeda jauh tipe2 nya seperti dibuku2 tes psikotes, bisa dicari ditoko buku.

Seputar Terkini Indonesia said...

Kak Mau tanya untuk info lulus sourching document nya itu dikabari via email atau telp/sms ya??
trims sebelumnya atas cerita pengalamannya..

Dicky said...

Mas hendy, kalau dulu saya di sms dari PT KP nya dan di web juga ada pengumumannya.

Dicky said...

Mas hendy, kalau dulu saya di sms dari PT KP nya dan di web juga ada pengumumannya.

Unknown said...

Numpng nanya Kak,, kalo untuk tes kejuruannya itu mengerjakan essay atau gmn kak? Sama psikotesnya soalnya ky apa ?

Dicky said...

Kalau dari pengalaman ane, dulu dikasih soal mengenai jurusan secara umum dan soalnya pilihan ganda gitu dan pake bahasa ingris.

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

Minta sarannya kak . Klo untuk tes interview?sedngkn bhsa inggris pasif .. Penempatan sementara physical testing .. Mohon pencerahannya😊

Unknown said...

tes di posco ga pake bhs inggris gapapa ko mas, ane dlu wkt interview di tnya mau pake bhs inggris atau indo ane jwb aja indo aja spya enak. alhamdulillah ane skrg diterima kerja kok :D santai aja gan

Unknown said...

oke makasih infonya mas bro ,, hehe
cukup menenangkan infonya

Dicky said...

maaf baru baca komentarnya, iya benar juga menurut art,,, tapi itu tergantung level yaa,, level smk, d3, s1 beda. kalau level smk mungkin tidak terlalu bermasalah menggunakan bahasa Indonesia,, nah untuk level d3 keatas,, tergantung dari pewawancaranya,, dan itu tidak banyak yang menggunakan bahasa indonesia.. karna itu beresiko kalah saingan dengan yang lain. jadi menurut saya walaupun pasif, coba aja pakai bahasa inggris sebisanya karna itu akan menjadi nilai lebih buat agan

Unknown said...

Iya ini level d3,interview user menggunakan indonesia sdngkn untuk HR pertama inggris tapi karena gagap yaudah campur indonesia...tinggal nunggu pengumuman interview HR .... Ini ceritaku hehe

Dicky said...

Oke Good Luck

Anonymous said...

Kang dicky saya udh ngelamar via web. Tp saya bngung pmberitahuan di web nya dmna nya kalo saya dpanggil intrview atau tdaknya. Saya ingin skli msuk prusahaan ini. Trima ksih crta pngalamannya sgt mmbantu

Unknown said...

Kalo pemberitahuan kita di undang untk interview pmberitahuan lewat web nya dmna kang?

Dicky said...

biasanya diumumin di carrer news..

Dicky said...

biasanya diumumin di carrer news..

M. Esa Alfi said...

permisi, mau tanya, ini saya mahasiswa metrologi dan instrumentasi UGM 2013..untuk lulusan d3 metrologi dan instrumentasi bisa kerja di industri atau di perusahaan apa aja ya? terimakasih

Unknown said...

permisi, mau tanya, ini saya mahasiswa metrologi dan instrumentasi UGM 2013..untuk lulusan d3 metrologi dan instrumentasi bisa kerja di industri atau di perusahaan apa aja ya? terimakasih

Dicky said...

sebenarmya bisa disemua industri untuk posisi intrumetasi, kalibrasi, elektro (arus lemah), dll. kalau lulusan yang dari ITB, yang saya ketahui sekarang ada yang kerja disektor oil and gas service yaitu Sclumberger, Halliburton, baker huges, sektor manufactur dan energi Krakatau Posco, astra, Toyota, Start energi dan di pemerintahan juga banyak utk jadi penera. untuk lebih detailnya nanti saya akan buat mengenai prospek kerja lulusan tersebut.

Unknown said...

wah..terimakasih banyak infonya mas..ditunggu tulisan lebih detailnya..soalnya banyak dari temen2 sejurusan masih galau bagaimana prospek kerja jurusan metrologi dan instrumentasi

Unknown said...

kang tp kalo di websitenya di page mana nya soalnya saya ga ad lihat career news yg membuktikan saya dipanggil atau tidaknya.. makasih kang

Dicky said...

irfan cek ini
http://www.krakatauposco.co.id/career
kalau belum ada pengumuman berarti belum ada,, tunggu aja

Dicky said...

irfan cek ini
http://www.krakatauposco.co.id/career
kalau belum ada pengumuman berarti belum ada,, tunggu aja

Unknown said...

kak anak KLC ya?
keren banget saya baca blog kakak yang nyritain kakak ketrima bius dll..
semoga tetap istiqomah,
funny and strugling sekali.

Unknown said...

assalamualaikum ^^
maaf mau nanya, tema untuk bahan presentasinya itu apakah berkaitan dengan lowongan kerja yang kita apply, sesuai jurusan atau random dari mereka? mohon informasinya ^^ terimakasih

Dicky said...

Utk temanya random, nanti kita bakal disuruh mengambil kertas yang didalamnya berisi tema secara random

Unknown said...

oh gitu ya ^^ siap..terimakasih banyak infonya , sgt membantu ^^ sukses sll disana :)

Unknown said...

alhamdulillah ane baru aja ketrima dijurusan metrologi & instrumentasi UGM. semoga bisa sukses kyk kakak

Unknown said...

Yg diterima kerja waktu itu berapa orang ya? D3 brp s1 brp? Hehe makasih

Dicky said...

Muhammad toshidiq,salam kenal ya
Lukman hakim, saya lupa lagi jumlahnya berapa, dulu kita termasuk batch 26 dengan jumlah belasan orang klo gak salah. itu sudah D3 dan S1 yaa

Unknown said...

kak, stelah saya masuk jurusan ini temen2 saya pd ngeluh kalau salah jurusan. apa jurusan metrologi & instrumentasi ini prospek kedepannya bagus kak??

Dicky said...

Muhammad toshidiq, kalau soal salah jurusan atau tidak itu tergantung kita masing-masing. Orang yang kuliah di elektro bisa ngeluh kalau salah jurusan toh tujuannya dia jadi dokter atau potensi dia diluar tentang teknik.
Soal prospek kedepan gimana, insyallah prospeknya bagus namun yang penting itu apa yang bisa kita jual utk masuk kedunia kerja, ilmu yang kita dapatkan harus kita kuasai untuk memasuki dunia kerja namun ketika sudah masuk dunia kerja maka bukan cuma mengenai jurusan kita aja yg harus kita kuasai tapi kita bakal dituntut serba bisa.
Saran saya jangan puas dengan pendidikan sampai D3, teruslah tingkatkan keilmuan kamu baik melalui bidang formal dengan lanjut kuliah atau belajar dari pengalaman melalui profesionalitas dalam bekerja
Muda2han membantu

Anonymous said...

Klo untuk operator crane apa harus melalui 3 tahap interview?

Dicky said...

Kayaknya sama aja gan 3 tahap interview

Unknown said...

Hallo kak diki, kak boleh d share ga pertanyaan pertanyaan apa aja yg d tanyakan saat interview?

Dicky said...

Halo gracia, saya lupa lagi detailnya.
Yang saya ingat klo interview hr lbih kepertanyaan2 teknis sesuai jurusan kita, contohnya pemahaman kitya ttg tugas akhir, dan sdikit materi2 kuliah sedangkan klo hr lebih ke pribadi spt kelebihan dan kekurangan, pengalaman organisasi. Di interbiew hr jgn lupa pelajari tentang perusaahannya.

Dicky said...

Yg pertama maksudnya interview user

Ta said...

Hai, Mas

Salam kenal.
Saya dpt panggilan psikotes dan jobtest utk Krakatau Posco.

Ada saran, latihan2 psikotes dmn?
Apa ada tes kreplin pauli, tes gambar?
Atau, boleh minta tolong kl msh inget, detail nya apa aja?

Trus, apakah sama dulu namanya jobtest? Ada tes tertulis ny juga atau melalui interview aja?

Terimakasih banyak

Dicky said...

Saya udah lupa detailnya apa aja, tapi seinget saya hampir sama kayak tes2 perusahaan lainnya, hanya saja diakhir tes ada tes jurusan pake bahasa inggris, tpi general

Anonymous said...

Hi mas Dicky, hehe aku baru baca tulisan ini di th 2023 karena th ini aku lg tahap seleksi di PT Krakatau Posco, sekarang sih tinggal nunggu hasil MCU, semoga hasilnya bagus2 aja🤭 thanks tulisannya sangat bermanfaat bikin tambah semangat buat kerja di sini. Hope to see you there. Wish me luck yaa, and salam kenal 😁

Mikrokontroller Arduino Mega 2560 R3

Arduino Mega 2560 R3 merupakan sebuah   modul mikrokontroller berbasis ATmega2560. Arduino Mega 2560 R3 memiliki jumlah pin terbanyak d...